Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan Kurang Memuaskan

Kompas.com - 22/11/2011, 01:53 WIB

Jakarta, Kompas - Sebagian pelayanan haji untuk jemaah asal Indonesia di Arab Saudi tahun 2011 dianggap kurang memuaskan, terutama dalam hal kebersihan tenda di Mina dan Arafah, menu katering yang kurang pas, dan pemondokan yang kurang layak. Kementerian Agama sebagai penyelenggara haji didesak lebih serius meningkatkan pelayanan pada masa mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi VIII DPR yang menjadi Tim Pengawas Haji 2011 Abdul Kadir Karding di Jakarta, Senin (21/11), dan jemaah asal Jakarta, Saleh P Daulay, serta jemaah asal Bengkulu, Rahimandani.

Karding mengatakan, Tim Pengawas Haji DPR menemukan banyak jemaah haji tidak mendapatkan tenda saat menginap di Mina sehingga terpaksa tidur di gang-gang. Mereka antara lain berasal dari Pekalongan, Semarang, dan Lamongan.

”Soal kebersihan, tenda itu seperti didirikan di atas sampah. Kami terpaksa menaruh kardus-kardus sebelum menggelar tikar. Bau sampah sangat mengganggu kesehatan dan ibadah,” kata Rahimandani.

Soal katering, kata Karding, jemaah harus antre 1-1,5 jam karena makanan disajikan secara prasmanan. Sekitar 200 orang di Maktab 73 dari Aceh dan Jakarta Selatan serta Makassar menderita diare pada malam menjelang lontar jumrah terakhir.

”Pelayanan haji tahun ini sangat mengecewakan. Biaya yang dikeluarkan jemaah tak sebanding dengan pelayanan yang mereka terima,” kata Saleh.

(iam/sir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com