Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Incar Pasar Regional

Kompas.com - 19/11/2011, 04:47 WIB

Nusa Dua, Kompas - Maskapai Lion Air mengincar pasar regional di Asia Tenggara hingga Australia, menyusul pembelian pesawat dalam jumlah besar. Mereka juga akan membuka maskapai

premium bernama Space Jet mulai November 2012.

Maskapai Lion Air mengejutkan dunia penerbangan dengan membeli 230 pesawat Boeing 737 berbagai seri senilai 21,7 miliar Amerika Serikat atau sekitar Rp 195 triliun.

Penandatanganan kesepakatan jual beli dilakukan Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana dan CEO Boeing Jim Albaugh, Jumat (18/11) di Hotel Hyatt Nusa Dua, Bali. Penandatanganan disaksikan langsung Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Lion Air membeli 201 unit Boeing B-737 MAX dan 29 unit Boeing 737-900 ER. Sebelumnya, Lion Air telah memesan 178 unit Boeing 737-900 ER, dan hingga akhir tahun 2011 akan datang 56 unit Boeing 737-900 ER.

Pembelian pesawat itu akan didanai pinjaman beberapa bank termasuk Bank Ekspor Import Amerika Serikat (US Exim Bank). Total nilai pembelian mencapai 37,7 miliar dollar AS, terdiri dari order pertama 16 miliar dollar AS dan pembelian kedua 21,7 miliar dollar AS.

”Kedua jenis pesawat itu sangat efisien dengan teknologi canggih. Setelah pesawat datang, kami segera menambah frekuensi penerbangan dan membuka rute baru,” kata Rusdi.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan, penambahan pesawat dalam jumlah besar untuk menggempur pasar Asia Tenggara dengan dibukanya kebijakan Open Sky pada tahun 2015.

”Jangan sampai Indonesia digempur oleh maskapai asing, jadi sebagian pesawat akan diterbangkan di rute domestik, sedangkan sebagian lainnya terbang ke regional,” kata dia.

Edward menambahkan, Lion Air sedang mengurus izin ke pemerintah sehingga pada November 2012 dapat menerbangkan maskapai premium Space Jet. Maskapai itu akan memiliki 10 unit Boeing 737-300 ER.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com