Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Bonus bagi Atlet Peraih Medali

Kompas.com - 09/11/2011, 14:24 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com — Pemerintah menyiapkan bonus khusus berupa uang tunai bagi atlet Indonesia yang memperoleh medali. Pemberian bonus dihitung per kepala, bukan per tim.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengatakan hal itu saat meninjau arena dayung di Situ Cipule, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (9/11/2011). Para pelatih pun diperlakukan serupa. "Bonus akan diberikan secara rata per kepala tidak melihat jumlah anggota timnya," kata Andi.

Atlet yang memperoleh medali emas diganjar bonus Rp 200 juta, medali perak Rp 50 juta, dan perunggu Rp 30 juta. Pelatih yang anak asuhnya meraih medali emas memperoleh bonus Rp 50 juta, perak Rp 25 juta, dan perunggu Rp 15 juta.

Dana itu akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional. "Makin bagus kalau dana bonus kurang dan kami harus tekor. Sebab, itu berarti banyak atlet kita yang meraih medali," papar Andi.

Andi enggan menyebutkan jumlah total dana yang sekarang sudah ada. Namun, dia optimistis bahwa jauh lebih mudah mencari kekurangan dana bonus daripada menyalurkan kelebihan dana bonus.

Andi juga berjanji akan memperhatikan kesejahteraan atlet berprestasi. Mereka akan memperoleh pekerjaan dan rumah yang layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com