Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukhoi-24 Jatuh, Dua Awak Pesawat Tewas

Kompas.com - 20/10/2011, 15:35 WIB

BLAGOVESHCHENSK, KOMPAS.com Dua awak pesawat tewas saat jet tempur multiperan buatan Rusia, Su-24 Fencer, Kamis (20/10/2011), jatuh di pangkalan udara militer Ukraina, di wilayah Timur Jauh Rusia, kata pihak militer.

"Pesawat tempur Su-24 gagal mendarat pada pukul 12.00 waktu setempat di wilayah Amur. Baik pilot pesawat maupun navigatornya tewas di tempat kejadian," demikian pernyataan itu.

Pesawat pengebom sekaligus petempur, Sukhoi-24, yang lepas landas dari kota di Rusia tengah, Voronezh, dan berencana untuk melakukan perawatan, dilaporkan tergelincir dari jalur pendaratan dan terbakar karena ban pendaratan patah akibat tumbukan keras saat mendarat. Sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kecelakaan itu disebabkan oleh masalah pada roda pendaratan pesawat.

Setelah itu, pemerintah meminta pemeriksaan keselamatan dilakukan bagi semua skuadron Su-24 dan penyelidikan atas penyebab kecelakaan telah dimulai. Hingga saat ini Angkatan Udara belum memutuskan untuk menghentikan pengoperasian semua armada Su-24 yang lazim digunakan untuk latihan Angkatan Bersenjata Rusia setelah adanya dugaan kecelakaan pesawat akibat kesalahan teknis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com