Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membesar, Tekanan dari Eropa terhadap Asia

Kompas.com - 14/10/2011, 08:52 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tekanan dari persoalan krisis utang di Benua Eropa terhadap kawasan lain, termasuk Asia, dikhawatirkan membesar. IMF memperkirakan eskalasi krisis Eropa berpotensi memicu aksi jual aset di kawasan Asia, dipicu kebijakan perbankan asing untuk memotong pinjaman ke kawasan Asia.

"Kondisi ini berpotensi menciptakan goncangan di pasar mata uang," demikian pernyataan tim riset HP Sekuritas, di Jakarta, Jumat (14/10/2011).

Komisi Uni Eropa menyatakan EFSF telah beroperasi penuh setelah Slowakia menyatakan akan mendukung bailout kawasan tersebut. Dukungan terhadap PM Italia berkurang namun diperkirakan akan berhasil melewati mosi tidak percaya parlemen dalam hal kebijakan anggaran.

Kekisruhan politik di Italia ini berpotensi memperburuk situasi di Eropa. Credit Suisse memperkirakan sedikitnya 66 bank di Eropa berpotensi gagal bayar jika Uni Eropa merevisi ketentuan stress test dan modal dinaikan menjadi USD302,3 miliar. Bank-bank besar seperti RBS, Deutsche Bank, BNP Paribas akan membutuhkan modal total 47 miliar E uro.

Disisi lain S&P menurunkan peringkat utang Spanyol satu level ke AA- dengan outlook negatif. Penurunan peringkat ini didasari risiko pertumbuhan ekonomi Spanyol yang suram dengan kondisi sistem finansial yang akan terus memburuk.

Bursa AS ditutup melemah tips setelah mengalami reli penguatan dalam tiga hari. Penurunan tipis ini dipicu lemahnya kinerja keuangan JP Morgan, namun sebaliknya Google membukukan kinerja keuangan yang cukup baik.

Indeks utama Asia bergerak melemah pagi ini. China melaporkan penurunan perdagangan di bulan September. Pelemahan ekspor yang terjadi merupakan efek dari penguatan Yuan sejak pertengahan Agustus.

Sementara itu, impor terhadap bahan mentah seperti besi dan tembaga masih terlihat tinggi walaupun aktivitas manufaktur melemah. Kondisi di atas menjadi tekanan bagi IHSG dari sisi eksternal. IHSG di perkirakan akan bergerak melemah di akhir pekan ini dengan kisaran pergerakan berada di 3.605-3.720.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com