Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duit Hantu Dimakan Setan

Kompas.com - 14/09/2011, 22:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpidana mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan tertipu hingga Rp 4 miliar oleh teman satu selnya di LP Cipinang.

Gayus tertipu hingga miliaran rupiah karena tertipu tahanan lain bernama Muntaha yang konon bisa menggandakan uang miliknya.

Menanggapi hal iut, Ketua Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan Yunus Husein yang sejak 2009-2010 lalu melacak transaksi keuangan tak wajar mantan pegawai golongan IIIA Direktorat Jenderal Pajak itu, mengatakan, "Itu namanya duit hantu dimakan setan," kata Yunus, sambil tertawa menanggapi tertipunya Gayus karena berniat menggandakan uang.

Yunus mengaku tak tahu lagi data transaksi keuangan milik Gayus, karena terakhir laporan transaksi yang tercatat di PPATK hanya pada tahun 2010.

Dia mengatakan, sangat mungkin dalam transaksi keuangan terakhirnya lewat institusi perbankan itu, Gayus menarik uang haramnya dalam jumlah besar, sehingga meskipun saat ini dia menjadi terpidana, tetapi masih punya uang dalam jumlah besar.

"Kalau Gayus saya enggak punya data lagi. Kalau saya tahunya kebanyakan lewat sistem ya, perbankan atau nonbank," kata Yunus.

Yunus pun mengaku tak tahu bagaimana caranya Gayus masih memiliki uang dalam jumlah yang sangat besar, meski pun kini dia berada di tahanan dan sejumlah rekening miliknya telah diblokir polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com