24 Desa Terakhir Didata untuk E-KTP

Kompas.com - 13/09/2011, 16:22 WIB
EditorAgus Mulyadi

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, akhir pekan ini menuntaskan pemutakhiran data untuk keperluan kartu tanda penduduk sistem elektronik (e-KTP). Hingga kini, pemutakhiran data tinggal menyisakan 24 desa/kelurahan yang akan diselesaikan dalam satu pekan ke depan.

"Saya pastikan dalam pekan ini tuntas, karena pertengahan September segera disetor ke pusat, sehingga pelaksanaan e-KTP dapat dimulai serentak di seluruh Indonesia termasuk di Purbalingga tahun 2012," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purbalingga, Sridadi, Selasa (13/9/2011).

Ia mengatakan, Purbalingga menjadi satu dari 300 kabupaten/kota yang akan menerapkan e-KTP tahun 2012. Tahun ini, telah ada 197 kabupaten/kota lain yang telah wajib menerapkan e-KTP.

Penerapan e-KTP dilakukan, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

"Pelaksanaan e-KTP yang bersifat nasional ini, diharapkan mampu meminimalisasi adanya KTP ganda, pemalsuan status marital, dan berbagai bentuk kekeliruan atau kejahatan seputar data kependudukan," katanya.

Menurut Sridadi, salah satu perbedaan mencolok dari e-KTP dengan KTP sebelumnya terletak pada penggunaan iris mata, selain sidik jari dan tanda tangan.

Sementara itu Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko mengatakan, dunia kejahatan sering kali mengikuti perkembangan teknologi yang ada. "Kalau suatu ketika, iris mata ini masih saja bisa dipalsukan, itu menjadi tantangan dari aparat untuk menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.