Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Khawatir, Akses Data di Jalur Mudik Aman!

Kompas.com - 27/08/2011, 20:25 WIB

KOMPAS.com — Memanfaatkan handphone untuk online di tengah perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan mungkin adalah aktivitas paling menyenangkan. Sayangnya, hal ini kerap tak memungkinkan akibat keterbatasan jaringan telekomunikasi.

Namun, tahun ini pemudik tidak perlu risau sebab 97,7 persen jalur mudik telah dilengkapi BTS yang mendukung layanan online. Setidaknya, inilah hasil uji yang dilakukan oleh tabloid Sinyal bersama Toyota beberapa saat lalu. Dengan demikian, pengguna bisa menikmati beberapa layanan online, mulai dari membuat update status di jejaring sosial, chatting lewat Yahoo Messenger atau BlacBerry Messenger, mengecek e-mail ataupun berita terkini, dan mengunduh file-file yang diperlukan.

Tetapi, pengguna tetap harus berhitung. Sebab, di antara 97,7 persen jalur mudik itu, hanya 25,08 persen yang dilengkapi BTS 3G. Sejumlah 64,76 persen masih berteknologi EDGE, bahkan 7,94 persen masih berteknologi GPRS.

Jadi, harus pikir-pikir lebih dulu untuk membuka YouTube atau melakukan video call. Cara terbaik, walaupun mungkin terdengar konyol, adalah menghemat bandwith.

Ya, pemudik sebaiknya memang menggunakan ponsel untuk komunikasi seperlunya. Chatting dan membaca berita online mungkin masih bisa diberikan toleransi. Tetapi, soal streaming video dan download, mungkin nanti dulu.

Tentunya, sebagai sebuah harapan, dengan proses ini kebutuhan dasar telekomunikasi tetap akan terpenuhi serta tidak terjadi shut down karena terlalu banyak pengguna yang berbarengan mengakses data. Hasil survei selengkapnya bisa dilihat di tabloid Sinyal edisi 126/VII 26 Agustus-15 September 2011.

Selamat mudik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com