Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangerang Akan Terapkan e-KTP

Kompas.com - 24/08/2011, 10:50 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Program Elektronik KTP (e-KTP) yang akan diterapkan di Kota Tangerang, terpaksa harus tertunda pelaksanaannya karena peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap. Saat ini perlengkapan dan peralatan yang sudah sampai di kantor pusat Pemerintahan Kota Tangerang baru beberapa. Belum mencakup jumlah yang pas untuk di distribusikan ke-13 kecamatan di Kota Tangerang.

"Baru dua alat koneksi server dan beberapa alat lainnya dari alat pemindai sidik jari, komputer, alat pemindai retina, dan alat tanda tangan digital. Kami masih menunggu semua alat yang diberikan kementrian dalam negeri datang semuanya, baru kami bergerak," ujar Rina Erna Ningsih saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/8/2011).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang tersebuat kembali menuturkan, berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri  Nomor 471-13/2927/SJ tentang pemberitahuan jadwal pengiriman perangkat e-KTP dan pelayanan penerbitannya, barang-barang tersebut akan didistribusikan ke-13 kecamatan sejak tanggal 15 Agustus lalu. Sayangnya hingga saat ini peralatan dan perlengkapan belum datang semuanya.

Mengenai kepastian waktu untuk pelaksanaan e-KTP di Kota Tangerang sendiri, Rina belum bisa memberikan kepastian kapan bisa dilaksanakan program e-KTP tersebut. Yang jelas, nantinya program e-KTP ini akan dilaksanakan serempak langsung di 13 kecamatan.

"Tapi yang pasti sesudah Lebaran. Karena andaikata barang datang besok ataupun lusa, kami mungkin akan menunda dulu. Karena konsentrasi masyarakat secara menyeluruh akan tertuju ke Lebaran," ujar Rina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com