Telepon Seluler Salah Satu Pemicu KDRT

Kompas.com - 23/08/2011, 18:50 WIB
EditorAgus Mulyadi

KUPANG, KOMPAS.com — Telepon seluler yang dimiliki suami dan istri di dalam keluarga dinilai menjadi salah satu pemicu kekerasan dalam rumah tangga, bahkan hingga terjadi penceraian. Telepon genggam itu disalahgunakan, untuk melakukan perselingkuhan dengan pasangan lain, baik oleh istri maupun suami.    

Direktur Yayasan Peduli Sesama, Isidorus Kopong, di Kupang, Selasa (23/8/2011), mengatakan, kasus KDRT di Kota Kupang tahun 2009 sebanyak 261, tahun 2010 menjadi 278 kasus, dan Juli 2011 mencapai 251 kasus KDRT. Pemicu utamanya adalah kecemburuan baik suami atau istri terhadap pasangannya karena hubungan gelap melalui telepon genggam.

Ia menyebutkan, telepon genggam milik istri atau suami, kerap disalahgunakan. Dengan telepon itu mereka membangun hubungan gelap dengan wanita idaman lain (wil) atau pria idaman lain (pil). Tetapi telepon itu juga sering digunakan (diterima/dibaca) oleh sang istri atau suami, sehingga hubungan gelap itu pun tidak bisa disembunyikan berlama-lama.    

Kopong meyebutkan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) berawal dari perselingkuhan melalui telepon genggam itu. Kasusnya pun cenderung meningkat.

"Kecemburuan dan kecurigaan bermula, saat salah satu pasangan menerima telepon atau menulis/mendapat SMS. Suami atau istri pemilik telepon  itu selalu bersembunyi, takut, atau bergelagat waswas terhadap pasangannya saat berkomunikasi dengan orang yang berbicara atau mengirim SMS dalam telepon genggam," kata Kopong.    

Bahkan ada sejumlah pasangan suami istri memiliki kasus KDRT rumah tangga sangat rumit, dan sulit diselesaikan sehingga berujung pada perceraian. Padahal, mereka sudah punya anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.