Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatayat Jatim Gelar Lomba Dongeng

Kompas.com - 21/07/2011, 10:27 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com--Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, menggelar lomba dongeng dalam rangkaian "Festival Pendidikan Keaksaraan dan PAUD" di kawasan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) pada 22-24 Juli 2011.

"Kami menggelar festival itu untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN), sekaligus untuk mengembangkan program pemberdayaan perempuan di bidang pendidikan dan ekonomi," kata Ketua PW Fatayat NU Jatim, Dra Hj Faridatul Hanum di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan pihaknya ingin menggerakkan komitmen seluruh bangsa untuk menyelenggarakan pendidikan bagi semua orang, sejak lahir sampai menjelang ajal, karena kualitas hidup manusia bisa ditingkatkan melalui pendidikan.

"Kita lihat, Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) Indonesia saat ini masih rendah di dunia, yakni berada pada urutan 111 dari 177 negara, sedang di tingkat ASEAN berada pada urutan tujuh dari 10 negara," paparnya.

Festival akan diisi beragam acara, di antaranya tayang-bincang ("talkshow") dongeng dan lomba dongeng anak untuk kegiatan di bidang pendidikan.

Untuk kegiatan di bidang pemberdayaan ekonomi, katanya, ada pelatihan "entrepreneurship" (kewirausahaan), ekspo koperasi, produk unggulan, dan bazar murah.

"Ada 180 peserta dari seluruh Jawa Timur yang telah mendaftar pelatihan. Untuk talkshow dongeng dan lomba dongeng anak tercatat sebanyak 200 peserta," tuturnya.

Untuk ekspo koperasi, produk unggulan dan bazar murah, katanya, panitia menyiapkan 50 stan di seputar kawasan MAS.

Ia berharap festival bisa menjadi sarana motivasi bagi penyelenggara, tutor, dan warga untuk terus belajar dalam meningkatkan kompetensi keberaksaraan.

"Kami juga berharap rangkaian kegiatan menyambut Ramadhan itu juga akan menambah wawasan dan keterampilan dalam metode pembelajaran PAUD," katanya, berharap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com