Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapas Padang Kelebihan Kapasitas

Kompas.com - 18/06/2011, 18:54 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang yang berada di Jalan Muara, Kota Padang, kelebihan kapasitas lebih dari dua kali lipat kapasitas semula. Hal itu terungkap saat inspeksi Menhuk dan HAM Patrialis Akbar ke lembaga pemasyarakatan tersebut pada Sabtu (18/6/2011).

Kalapas Kelas IIA Padang Elly Yuzar mengatakan, saat ini penghuni lembaga pemasyarakan tersebut berjumlah 766 orang dari kapasitas 225 orang. Salah seorang tahanan di lembaga pemasyarakatan itu, Djufri, yang juga anggota DPR dari Fraksi Demokrat, mengatakan, lembaga pemasyarakatan itu kerap kali mengalami gangguan listrik.

Patrialis menambahkan, hingga saat ini masih terdapat kelebihan kapasitas lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia dengan jumlah total 35.000 hingga 40.000 penghuni. Karena itulah, pihaknya akan segera membangun 31 unit lembaga pemasyarakatan baru di Indonesia.

"Termasuk di Sumbar, akan kita bangun lembaga pemasyarakatan baru," kata Patrialis. Lembaga pemasyarakatan baru itu direncanakan bakal dibangun di kawasan Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com