Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sang "Resi Negeri"

Kompas.com - 23/05/2011, 02:51 WIB

Guru besar emeritus bidang sosiologi pedesaan Institut Pertanian Bogor, Prof Sajogyo, Sabtu (21/5), mendapat kejutan ”manis” dari mantan mahasiswanya, kolega, serta aktivis lembaga swadaya masyarakat. Hari itu mereka menggelar pesta ulang tahun ke-85 Prof Sajogyo di kediamannya di Jalan Malabar, Kota Bogor, Jawa Barat.

Mereka menyiapkan kue ulang tahun berlapis cokelat dan tumpeng di panggung kecil. Mantan mahasiswa Prof Sajogyo yang kini menduduki posisi ”kunci” di pemerintahan, seperti Kepala Badan Pertanahan Nasional Joyo Winoto, turut hadir. Tampak pula budayawan M Sobari serta musisi Ebiet G Ade.

Prof Sajogyo, yang hari itu duduk di kursi roda, tak bisa banyak bicara karena kondisi fisiknya melemah. Karena itu, ia hanya membalas pesan dan kesan mantan mahasiswanya dengan gesture dan senyum.

Acara itu juga diisi dengan penggalangan dana untuk biaya perawatan kesehatan Prof Sajogyo, termasuk lelang tiga lagu karya M Amin, seniman Bogor yang mencipta tiga lagu untuk Prof Sajogyo, yakni ”Land of Hope”, ”Resi Negeri”, dan ”Dear Sang Aji”.

”Resi Negeri” ini terinspirasi dari Prof Sajogyo,” tutur Amin, sambil melantunkannya diiringi petikan gitar. ”Di hitam legam kulitmu terekam peristiwa yang bijakkan seisi dunia. Di serbak putih rambutmu tersimpan pelajaran berharga… Terpujilah engkau resi negeri. Semoga negeri ini tak lagi begini.” (GAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com