Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tidak Ditebang, tapi Dipindahkan

Kompas.com - 19/05/2011, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pohon yang dilewati pembangunan jalur transjakarta Koridor XI Kampung Melayu-Pulo Gebang, Jakarta Timur, akan diselamatkan oleh Dinas Pertamanan Jakarta Timur. Kepala Subdinas Pertamanan Jakarta Timur Tuti Erwina Haryanti mengatakan, pihaknya akan memindahkan pohon-pohon besar yang akan dilewati pembangunan jalur transjakarta Koridor XI.

"Kami tidak menebang, tapi memindahkan dan menyelamatkan pohon-pohon tersebut, apalagi sekarang sedang marak kampanye go green," ujar Tuti saat dijumpai di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (19/5/2011).

Tuti menambahkan, dalam pekerjaan ini, bukan hanya Dinas Pertamanan yang seharusnya menjaga keselamatan pohon itu, tetapi juga ada pihak-pihak lain yang terkait dengan keselamatan pohon tersebut.

"Ada Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Pekerjaan Umum. Kami sedang mengambil ancang-ancang untuk memindahkan pohon-pohon itu. Kami juga akan tetap mengontrol," katanya.

Seperti diberitakan, pembangunan Koridor XI diperkirakan akan mengorbankan 1.502 pohon yang berada di Jalan Raya Bekasi, Jalan I Gusti Ngurah Rai, dan Jalan Sentra Primer, Jakarta Timur. Pohon-pohon itu akan direlokasi ke tempat lain dan dijadwalkan dimulai akhir Mei ini. Diameter pohon-pohon tersebut 20-40 sentimeter dengan ketinggian 15-20 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com