Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda: Belum Ada Izin Perayaan HUT Israel

Kompas.com - 13/05/2011, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar mengatakan, Polda Metro hingga kini belum menerima permohonan izin perayaan hari ulang tahun Israel yang dikabarkan akan diselenggarakan Sabtu (14/5/2011). Baharuddin mengatakan, ia mengetahui informasi acara tersebut melalui media.

"Saya sudah cek ke Direktorat Intelkam, belum ada. Saya malah tahunya dari media," ucap Baharudin, Jumat (13/5/2011) di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan, belum ada rencana pengamanan khusus yang akan dilakukan kepolisian. "Apa yang mau diamankan? Izin saja belum? Masih belum jelas mereka ini mau apa karena kami belum terima laporan," ujarnya.

Apabila aksi tersebut benar dilaksanakan, harus dilaporkan ke kepolisian. Terkait dengan izinnya, Baharudin menyatakan, perlu dikaji lebih jauh. Polisi, menurut dia, tidak bisa sembarangan memberikan izin lantaran Israel sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Pemerintah Indonesia.

"Pasti kami akan kaji dulu. Dan kalau ada potensi mengganggu, pasti tidak akan kami izinkan. Kalau melanggar, akan kami bubarkan," tutur Baharudin.

Menurut dia, kepolisian hingga kini masih menyangsikan kebenaran komunitas Yahudi di Jakarta karena info itu hanya berasal dari media massa. "Saya kira biasa-biasa sajalah karena ini belum tentu benar, mereka hanya menggembar-gemborkan melalui media, tapi ke polisi belum," tandasnya.

Sebelumnya, Komunitas Yahudi di Indonesia kabarnya akan merayakan HUT Israel di Jakarta pada Sabtu, 14 Mei 2011. Akan tetapi, belum diketahui pasti di mana acara tersebut akan dihelat. Perayaan HUT Israel ini diduga akan menimbulkan kontroversi karena Israel selama ini dikecam banyak pihak, terutama kalangan Muslim, karena telah melakukan penyerangan terhadap Palestina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com