Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Hitam Merpati Ditemukan

Kompas.com - 08/05/2011, 20:36 WIB

KAIMANA, KOMPAS.com — Kotak hitam pesawat Merpati bernomor penerbangan MZ-8968 yang jatuh di perairan Tanjung Simora, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pada Sabtu siang telah ditemukan, Minggu (8/5/2011).

Adapun pencarian terhadap jenazah penumpang masih dilakukan karena lima penumpang belum ditemukan. Kotak hitam ditemukan sekitar pukul 14 .00 WIT.

Komandan Kodim Kaimana Letnan Kolonel Budhi Darmawan saat melaporkan kepada Kepala Badan SAR Nasional Letnan Jenderal Marinir Nono Sampono, yang hadir di Kaimana, mengatakan, kotak hitam itu selanjutnya akan diserahkan kepada Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.

Tim KNKT juga telah berada di Kaimana sejak Minggu siang. Tim dipimpin oleh Kapten Khaerudin. Mereka melihat lokasi jatuhnya pesawat di perairan yang berjarak sekitar 200 meter dari ujung landasan Bandara Utarom, Kaimana.

Saat ditanyai tentang hasil penyelidikan sementara yang dilakukan KNKT, Khaerudin belum mau berkomentar. Pasalnya, dia bersama timnya masih mengumpulkan data. "Puing-puing pesawat yang dibutuhkan untuk penyelidikan juga belum terkumpul semua, sebagian masih di dasar laut," ujarnya.

Kotak hitam bersama puing-puing pesawat berjenis MA 60 itu berada di kedalaman 12-15 meter di bawah permukaan laut. Pengambilan puing-puing pesawat dilakukan secara manual oleh sekitar 20 penyelam gabungan dari berbagai instansi di Kaimana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com