Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk dan Kontainer Masih Berseliweran

Kompas.com - 05/05/2011, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya melarang truk dan kontainer melintas di sepanjang tol dalam kota yang melalui Semanggi mulai Kamis (5/5/2011) pagi. Akan tetapi, larangan ini tampaknya tidak dipatuhi.

Di sepanjang tol dalam kota dari Semanggi hingga Cawang sejak pagi masih tampak truk dan kontainer lalu lalang. Truk ukuran sedang hingga besar dengan label merek elektronik hingga kargo masih melenggang bebas di tol dalam kota.

Selain itu, kontainer juga masih terlihat melintas meski tak mengangkut muatan. Padahal, sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman menyatakan, angkutan berat sama sekali tidak boleh melalui tol dalam kota.

"Tidak boleh lewat Semanggi. Angkutan barang mulai besok (Kamis) pakai Tol Tanjung Priok," ujar Sutarman, Rabu (4/5/2011) di Senayan, Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menuturkan, pelarangan angkutan berat mulai diberlakukan Rabu (4/5/2011) hingga Senin (9/5/2011) setiap pukul 05.00-22.00.

"Selain jam itu, tetap bisa lewat (Semanggi)," kata Pristono.

Dengan pengalihan arus tersebut, Pristono tidak memungkiri akan terjadi penumpukan kendaraan di tol Tanjung Priok-Ancol. "Jalan tol akan steril dari angkutan barang, rombongan kontingen memang tidak lewat tol, tapi jika ada penutupan jalan akan berdampak ke jalan tol," lanjutnya.

Seperti diberitakan, menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Ke-18 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Sabtu-Minggu (7-8/5/2011), sejumlah kebijakan terkait lalu lintas diberlakukan di Jakarta. Kebijakan itu diambil untuk memperlancar arus lalu lintas menjelang dan saat berlangsungnya KTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com