Besar Gaji Tak Kena Pajak Akan Dinaikan

Kompas.com - 04/05/2011, 18:53 WIB
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, kementeriannya tengah mengupayakan peningkatkan besaran penghasilan tak kena pajak untuk para buruh. Kemenakertrans tengah melakukan negosiasi dengan Kementerian Keuangan.

Saat ini besaran penghasilan tak kena pajak (PTKP) untuk buruh adalah Rp 1,3 juta. "Kita berjuang supaya besarannya dua kali lipat atau Rp 2,6 juta. Ini take home pay," kata Muhaimin, yang akrab disapa Cak Imin, kepada para wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/5/2011).

Hal ini dilakukan, kata Cak Imin, demi meringankan beban buruh. Targetnya, kedua kementerian sepakat menaikkan PTKP untuk buruh sebesar 75 persen.

Cak Imin mengatakan, perubahan PTKP tak harus mengubah undang-undang tentang pajak. "Cukup peraturan menteri saja," kata Cak Imin. Cak Imin mengatakan, sejauh ini pengusaha menanggapi positif usulan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.