Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gegana DIY Sisir Gereja

Kompas.com - 21/04/2011, 17:40 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sehari menjelang perayaan Paskah, tim Gegana Polda DIY melakukan pengamanan dan sterilisasi terhadap 15 gereja di Yogyakarta. Pemeriksaan dan sterilisasi diawali dari Gereja Katolik Santo Antonius Kota Baru Yogyakarta. Penyisiran oleh petugas Gegana Polda DIY mulai dari halaman gereja sampai di dalam ruangan gereja dengan menggunakan detektor metal, Kamis (21/4/2011). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan, khususnya antisipasi teror bom.

Kanit Gegana Polda DIY Iptu Suripto mengatakan, pengamanan di gereja ini sebagai antisipasi adanya teror bom yang akhir-akhir ini marak terjadi. Penyisiran dilakukan di 15 gereja yang ada di Yogyakarta. "Kegiatan sweeping ini dilakukan jelang perayaan hari besar Paskah maupun hari besar lainnya. Tujuannya supaya menciptakan kondisi yang kondusif dan memastikan tempat ibadah ini steril dari ancaman bom," ungkap Iptu Suripto.

Anggota Gegana, lanjutnya, terbagi menjadi dua kelompok untuk melakukan penyisiran di setiap sudut gereja. Mengingat keterbatasan anggota dan banyaknya jumlah gereja menjadi salah satu alasan tim Gegana untuk membagi dua kelompok dalam melakukan sterilisasi dari ancaman bom.

"Tidak semua gereja kami sisir dengan metal detector. Untuk wilayah-wilayah yang dianggap kondusif, pengamanannya cukup dilakukan oleh polisi dari polsek setempat dan tidak perlu dilakukan pengecekan," ucapnya.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Bagian Operasional Polresta Kota Yogyakarta Komisaris Arthur Simamora mengungkapkan, ada 62 gereja di Kota Yogyakarta. Namun, pengamanan tidak dilakukan semua lokasi gereja, tetapi hanya sebagian.

"Ada sekitar 15 gereja yang diprioritaskan untuk steril dari ancaman bom seperti Gereja Kota Baru, Gereja Tegal Loji, Gereja Sawo Kembar, Gereja Bintaran," katanya.

Simamora menambahkan, pihaknya menerjunkan sekitar 500 personel, belum termasuk anggota personel dari 14 polsekta di Kota Yogyakarta. Selain itu, pihak kepolisian juga melakukan koordinasi dengan petugas pengamanan Paskah gereja yang ada di Kota Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com