Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SLB Sulit Pakai Lembar Jawaban

Kompas.com - 20/04/2011, 17:12 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Sama halnya dengan peserta ujian nasional (UN) pada umumnya, sebanyak 12 siswa SMA Luar Biasa Yayasan Pendidikan dan Penyantunan Anak Luar Biasa (YPPALB) Kota Magelang, Jawa Timur, tampak serius mengerjakan soal-soal UN. Standardisasi UN untuk SMA Luar Biasa (SMALB) ternyata memang disamakan dengan SMA pada umumnya.

Kepala SMALB YPPALB, Bakir, menyebutkan, 12 siswa tersebut meliputi 8 siswa tunarungu (Bagian B) dan 4 siswa tunagrahita (Bagian C). Ia menjelaskan, mulai jadwal mata pelajaran, jumlah soal, serta waktu pengerjaan disamakan dengan SMA. Lembar jawaban juga tetap memakai lembar jawab komputer (LJK), pengawasan hingga standar kelulusan pun sama dengan sekolah umum.

"Bedanya, hanya pada kurikulum dan bobot soal. Untuk mereka tentunya lebih ringan disesuaikan dengan kemampuan mereka," ujar Bakir, Rabu (20/4/2011).

Secara umum, kata Bakir, pelaksanaan UN sejak hari pertama hingga hari terakhir ini (20/4/2011) di SMA luar biasa tersebut cukup lancar. Hanya satu hal yang mengakibatkan beberapa siswa kesulitan, yakni ketika mengisi LJK.

Pantauan Kompas.com, terlihat masih ada kesalahan saat membuat arsiran lingkaran di lembar jawaban. Para siswa masih tidak terbiasa dengan lembar jawaban komputerisasi. Penggunaan LJK untuk SMA luar biasa memang baru diberlakukan tahun ini.

"Beberapa siswa tunarungu kesulitan saat membuat arsiran bulat di lembar jawaban, terutama saat mengisi data siswa, antara nama dan arsiran bulatan sering tidak sesuai," tutur Bakir.

Beruntung, kata Bakir, ada toleransi dari pengawas untuk kesalahan pengisian data siswa boleh diperbaiki. Pihak sekolah mengaku telah berinisiatif mengajari para anak didiknya untuk belajar mengarsir lingkaran jauh-jauh hari sebelum ujian.

"Kalau siswa umum, sebelum ujian lebih banyak latihan soal. Namun, siswa kami justru lebih banyak latihan mengisi LJK," imbuhnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com