Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MS Pemain Baru

Kompas.com - 19/04/2011, 05:02 WIB

Jakarta, Kompas - Pihak kepolisian akhirnya memastikan Muhammad Syarif Astanagarif sebagai pelaku bom bunuh diri di Masjid Adz-Dzikro, kompleks Markas Kepolisian Resor Kota Cirebon, Jawa Barat. Polisi juga menyebut dia pemain baru terkait dengan dugaan tindak pidana terorisme.

”Dari hasil pemeriksaan DNA disimpulkan, telah dapat dibuktikan secara ilmiah dan tidak terbantahkan bahwa identitas jenazah Mr X selaku pelaku bom bunuh diri di Masjid Adz-Dzikro, Polresta Cirebon, adalah Muhammad Syarif Astanagarif, umur 32 tahun,” kata Kepala Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Negara RI Brigjen (Pol) Musaddeq kepada pers di Jakarta, Senin (18/4).

Dalam konferensi itu, Musaddeq didampingi Kepala Divisi Humas Polri Irjen Anton Bachrul Alam dan Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Mathius Salempang.

Anton menambahkan, Muhammad Syarif (MS) adalah anak kandung Ratu Srimulat dan Abdul Gofur yang beralamat di Plered, Cirebon.

Musaddeq menjelaskan, dalam identifikasi pelaku bom bunuh diri ada tiga alat ukur identifikasi primer yang mutlak, yaitu sidik jari, data gigi, dan DNA. ”Tiga-tiganya cocok. Sidik jari identik. Data gigi diakui oleh keluarga. Dari DNA, kita bisa membuktikan bahwa Mr X adalah Muhammad Syarif,” katanya.

Mengenai lambatnya pemeriksaan DNA, Musaddeq menyatakan bahwa pihaknya belum punya basis data Syarif yang diketahui sebagai pemain baru dalam tindak pidana terorisme.

Mengenai dari kelompok mana Syarif, Mathius Salempang belum dapat memastikan. Akan tetapi, Syarif diduga pernah terlibat dalam kasus perusakan Alfamart di Cirebon.

”Sebagai gambaran, Polresta Cirebon pernah menangani kasus perusakan Alfamart oleh kelompok tertentu. Ada 11 tersangka. Enam orang sudah diproses, bahkan ada yang sudah keluar dari tahanan,” katanya. Salah seorang dari lima tersangka yang dinyatakan buron itu adalah Muhammad Syarif.

Sampai saat ini, kata Mathius, pihak Detasemen Khusus 88 masih mendalami motif dan latar belakang pelaku bom bunuh diri tersebut.

Mengenai bahan-bahan yang terkandung dalam bom, Mathius secara terpisah menyatakan, petugas laboratorium forensik menemukan potasium nitrat, aluminium, dan sulfur dari sisa bom.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com