Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim UGM Ikuti Kontes Robot di AS

Kompas.com - 01/04/2011, 12:26 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim robot dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti ”Trinity College Fire-Fighting Robot Contest” di Hartford, Amerika Serikat, tanggal 9-10 April 2011.

Tim robot Ironfire terdiri dari empat mahasiswa, yakni Farid Inawan, Noer Azis Ismail, Luiz Rizki Ramelan dari jurusan Teknik Elektro angkatan 2009 dan Wahyu Wijayanto jurusan Teknik Mesin angkatan 2008.

Ir Priyatmadi MT yang menjadi pembimbing dalam tim ini mengatakan, tim robot UGM berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot tingkat dunia karena telah berhasil menjadi juara dalam Kompetisi Robot Nasional di Dome Universitas Muhammadiyah Malang, 2010 lalu.

”Indonesia kan mengirimkan dua tim dalam kompetisi di AS ini. Selain Ironfire dari UGM, juga akan diberangkatkan tim ASA dari ITB. Kedua tim ini adalah juara nasional dalam kompetisi robot di Malang 2010 lalu,” kata Priyatmadi.

Lebih lanjut Priyatmadi mengatakan, tim Ironfire UGM akan membawa dua robot untuk dipertandingkan. Persiapan matang telah dilakukan dengan melakukan penyempurnaan desain robot yang dipertandingkan di Malang sehingga mampu melakukan manuver lebih stabil.

Farid Inawan selaku koordinator tim mengatakan, untuk pertandingan di Hartford, robot-robot harus memadamkan lilin pada sebuah labirin. Letak lilin dan titik start robot akan diacak dengan sebuah sistem pengacak sehingga robot tidak akan tahu di mana titik start dan di mana letak lilin.

Robot cerdas ini merupakan prototipe robot pemadam kebakaran. Teknologi yang digunakan dalam robot ini dapat dikembangkan menjadi robot pemadam kebakaran. ”Kalau Pemerintah memiliki kepedulian lebih dan bersedia mendukung, sebenarnya teknologi ini dapat dikembangkan menjadi robot sungguhan untuk pemadam kebakaran,” ujar Priyatmadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com