Pesawat Perancis Lawan Pesawat Khadafy

Kompas.com - 19/03/2011, 23:19 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

PARIS, KOMPAS.com — Sejumlah pesawat tempur Perancis terbang di atas Benghazi untuk mencegah serangan udara dari pesawat tempur Moammar Khadafy terhadap markas pemberontak Libya serta siap untuk menyerang sejumlah tanknya, kata Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Sabtu.

"Dengan kesepakatan bersama mitra kami, Angkatan Udara Perancis akan melawan segala serangan pesawat Kolonel Khadafy terhadap masyarakat di Benghazi. Pesawat kami telah mencegah serangan udara di kota itu," kata Sarkozy. "Pesawat lain serta milik Perancis siap untuk melawan tank yang dapat mengancam nyawa warga sipil yang tidak bersenjata," kata dia setelah pertemuan tingkat tinggi para pemimpin internasional untuk membahas tindakan yang harus dilakukan terhadap Libya.

"Masih ada waktu bagi Khadafy untuk menghindari hal terburuk dengan mematuhi tanpa ditunda atau mengikuti seluruh permintaan masyarakat internasional," kata Sarkozy, sambil menambahkan bahwa pintu diplomasi akan dibuka kembali jika serangan itu diakhiri. "Hari ini kami ikut campur dalam masalah Libya di bawah mandat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bersama mitra kami, khususnya mitra negara Arab, kami akan melakukan hal yang sama untuk melindungi warga sipil atas pembantaian yang bodoh oleh rezim yang melakukan pembunuhan itu maka hilang sudah hak kuasanya," katanya.

Sarkozy mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi warga Libya dalam memilih kehidupan mereka sendiri dengan menambahkan bahwa mereka tidak dapat dikurangi haknya dengan menggunakan kekerasan dan ancaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.