Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Perancis Lawan Pesawat Khadafy

Kompas.com - 19/03/2011, 23:19 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Sejumlah pesawat tempur Perancis terbang di atas Benghazi untuk mencegah serangan udara dari pesawat tempur Moammar Khadafy terhadap markas pemberontak Libya serta siap untuk menyerang sejumlah tanknya, kata Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Sabtu.

"Dengan kesepakatan bersama mitra kami, Angkatan Udara Perancis akan melawan segala serangan pesawat Kolonel Khadafy terhadap masyarakat di Benghazi. Pesawat kami telah mencegah serangan udara di kota itu," kata Sarkozy. "Pesawat lain serta milik Perancis siap untuk melawan tank yang dapat mengancam nyawa warga sipil yang tidak bersenjata," kata dia setelah pertemuan tingkat tinggi para pemimpin internasional untuk membahas tindakan yang harus dilakukan terhadap Libya.

"Masih ada waktu bagi Khadafy untuk menghindari hal terburuk dengan mematuhi tanpa ditunda atau mengikuti seluruh permintaan masyarakat internasional," kata Sarkozy, sambil menambahkan bahwa pintu diplomasi akan dibuka kembali jika serangan itu diakhiri. "Hari ini kami ikut campur dalam masalah Libya di bawah mandat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bersama mitra kami, khususnya mitra negara Arab, kami akan melakukan hal yang sama untuk melindungi warga sipil atas pembantaian yang bodoh oleh rezim yang melakukan pembunuhan itu maka hilang sudah hak kuasanya," katanya.

Sarkozy mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi warga Libya dalam memilih kehidupan mereka sendiri dengan menambahkan bahwa mereka tidak dapat dikurangi haknya dengan menggunakan kekerasan dan ancaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com