Harga Minyak Terus Melorot

Kompas.com - 16/03/2011, 08:59 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak Brent jatuh hampir enam dollar AS, Selasa waktu setempat, karena meningkatnya kekhawatiran tentang potensi bencana nuklir di Jepang.

Seperti dilaporkan AFP, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April merosot 5,79 dollar menjadi 107,88 dollar per barrel di perdagangan sore di London. Harga kemudian ditarik kembali ke 110,87 dollar tapi yang masih turun 2,80 dollar dibandingkan dengan penutupan Senin.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman April turun 2,11 dollar menjadi 99,08 dollar. "Ada begitu banyak ketidakpastian di pasar saat ini," kata analis Sucden, Myrto Sokou.

"Pasar minyak pada kecenderungan untuk menurun, mengikuti kerugian besar di pasar ekuitas global dan keruntuhan 10 persen di Nikkei, di tengah kekhawatiran  potensi bencana nuklir di Jepang."

Jepang, perekonomian ketiga terbesar di dunia, juga merupakan negara konsumen minyak terbesar ketiga tetapi permintaan untuk minyak mentah diperkirakan akan turun setelah gempa bumi terburuk yang pernah terjadi di Jepang yang telah menghancurkan negara itu.

Setelah beberapa ledakan di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima, tingkat radiasi telah naik dan ada kekhawatiran terjadi kebocoran besar sekarang.

"Kebocoran radiasi substansial mungkin akan menghambat kegiatan rekonstruksi dan ekonomi yang mengakibatkan konsumsi minyak berkurang," kata Bjarne Schieldrop, kepala analis komoditas di kelompok perbankan SEB Swedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.