Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radiasi Mencapai Tokyo

Kompas.com - 15/03/2011, 14:32 WIB

TOKYO, KOMPAS.com -  Radiasi di atas batas normal sudah terdeteksi di Tokyo, Jepang, Selasa, menyusul ledakan pada sejumlah reaktor nuklir negara itu setelah sistem pendinginnya gagal akibat dan tsunami pada Jumat lalu. Namun pejabat kota Tokyo menyatakan, level radiasi itu belum membahayakan kesehatan manusia.

"Kami memantau tingkat radiasi yang melampaui batas normal terjadi pagi ini di Tokyo. Namun kami tidak menilai bahwa hal itu sudah berada dalam level yang berbahaya bagi tubuh manusia," kata Sairi Koga, pejabat pemerintah Metropolitan Tokyo.

Jepang, Selasa, memperingatkan bahwa tingkat radiasi di daerah sekitar reaktor nuklir yang rusak karena terkena gempa pada Jumat pekan lalu sudah mencapai angka yang berbahaya bagi kesehatan manusia, setelah terjadi ledakan dan kebakaran pada Selasa pagi. Pembangkit itu terletak di 250 kilometer di timurlaut Tokyo.

Sementara itu, kedutaan Perancis di Tokyo mengatakan, angin beradioaktif level rendah  bisa mencapai Tokyo dalam beberapa jam. Kedutaan Besar Perancis memperingatkan pada pukul 01.00 GMT (08.00 WIB) bahwa angin dengan radioaktif tingkat rendah bisa mencapai Tokyo dalam waktu sekitar 10 jam ke depan (18.00 WIB).

Kantor berita Kyodo melaporkan, tingkat radiasi di kota Maebashi, 100 kilometer di utara Tokyo, naik 10 kali lipat di atas batas normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com