Stok Premium Cukup buat 17,9 Hari

Kompas.com - 10/03/2011, 13:54 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Persediaan stok bahan bakar minyak (BBM) jenis premium saat ini aman untuk persediaan selama 17,9 hari. Hal ini diutarakan Mochamad Harun, VP Corporate Communication PT Pertamina, dalam siaran persnya.

Melalui siaran persnya, Harun memastikan kondisi BBM stok nasional saat ini berada dalam kondisi yang aman atau di atas 16 hari. " Hingga Rabu (9/3/2011), rata-rata stok BBM nasional berada pada posisi 23 hari, di mana stok premium sebanyak 17,9 hari, solar 20,5 hari, dan minyak tanah 49 hari," jelasnya.

PT Pertamina (Persero) hingga kini memiliki enam kilang pengolahan dengan kapasitas produksi bahan bakar minyak mencapai 40,6 juta kiloliter per tahun.

Produksi BBM Pertamina terdiri dari solar 18,3 juta kiloliter atau 45 persen dari total kapasitas. Kapasitas produksi premium 12 juta kiloliter atau 29 persen, minyak tanah tujuh juta kiloliter atau 17 persen, dan avtur 3,3 juta kiloliter atau delapan persen.

Kebutuhan BBM di Direktorat Pemasaran dan Niaga Pertamina tercatat mencapai 50,1 juta kiloliter per tahun yang terdiri dari premium 22,1 juta kiloliter, solar 21,2 juta kiloliter, dan minyak tanah 3,8 juta kiloliter. (Andri Malau)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X