Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airin-Benyamin Unggul, Saksi Belum Tanda Tangan

Kompas.com - 04/03/2011, 04:20 WIB

Tangerang Selatan, Kompas - Dari hasil perhitungan perolehan suara di tujuh kecamatan se-Tangerang Selatan, pasangan nomor 4, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, unggul dibandingkan tiga pasangan kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan lainnya, Kamis (3/3).

Namun, rapat pleno itu hanya dihadiri pasangan Airin-Benyamin. Tiga pasangan lainnya, Arsyid-Andre Taulany, Rodiyah Najibah-Sulaiman Yasin, dan Yayat Sudrajat-Norodom Soekarno, tidak hadir.

Saksi Arsyid-Andre dan Rodiyah-Sulaiman juga tak mau menandatangani hasil rekapitulasi perolehan suara karena menduga kecurangan terjadi di lima dari tujuh kecamatan.

”Kecurangan dilakukan KPU Tangerang Selatan (Tangsel) dalam administrasi. Kecurangan juga dilakukan tim pemenangan, antara lain main uang,” kata M Acep, anggota tim pemenangan Arsyid-Andre dalam Rapat Pleno Perhitungan Perolehan Suara.

Unggul 43.137

Perolehan suara Airin-Benyamin 241.797 suara (53,67 persen), lebih unggul 43.137 suara dari pasangan Arsyid-Andre yang mendapat 198.660 suara (44,10 persen). Rodiyah-Sulaiman 5.106 memperoleh suara (1,13 persen), sedangkan Yayat-Norodom 4.933 suara (1,1 persen).

Partisipasi pemilih mencapai 458.596 orang dari total 738.181 pemilih terdaftar dalam DPT PSU Kota Tangsel. Jumlah itu meningkat 19.000 orang dari DPT pemungutan suara tahap pertama, yang di antaranya terdapat 25.000 pemilih baru.

”Hasil rekapitulasi data ini akan diproses dan dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi. Setelah memperoleh pengesahan MK, kami akan memprosesnya untuk penetapan wali kota dan wakil wali kota,” kata Ketua KPU Kota Tangsel Iman Perwira Bachsan.

Airin menyambut baik kemenangannya itu. ”Saya tak mau mencederai demokrasi ini. Saya tak mau main curang,” ujarnya.

Jika ia dipercaya memimpin Tangsel, langkah pertama yang diambil yakni mengurangi kemacetan dan memperbaiki infrastruktur jalan atau drainase. (PIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com