Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airin Menangi Pilkada Tangsel

Kompas.com - 03/03/2011, 16:00 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Pasangan calon kepala daerah Airin Rachmy Diani-Benyamin Davnie memenangi perolehan suara dalam pemungutan suara ulang pemilihan umum wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan. Keduanya meraih lebih dari separuh suara pada pemilihan umum tersebut.

Demikian hasil rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dalam pemungutan suara pemilihan umum wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan di Padang Golf Pondok Cabe, Kamis (3/3/2011).

Rapat pleno yang dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, Iman Perwira Bachsan, mengesahkan 450.496 suara yang sah dan 8.100 suara tidak sah. Pasangan Airin dan Benyamin memperoleh jumlah suara sebanyak 241.797 suara atau 53,67 persen.

Adapun pasangan nomor urut 3, Arsid dan Andre Taulany, menempati posisi kedua dalam perolehan suara dengan 198.660 suara atau 44,10 persen. Selisih suara sekitar 9 persen antara kedua pasangan ini hampir sama dengan hasil hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei setelah pemungutan suara ulang pada Minggu (27/2/2011).

Dalam pleno tersebut, ditetapkan pula bahwa pasangan nomor urut 1, Yayat Sudrajat-Norodom Sukarno, mendapatkan 1,1 persen suara (4.933 suara). Adapun pasangan nomor urut 2, Rodhiyah Najibhah-Sulaiman Yasin, mengumpulkan 1,13 persen suara (5.106 suara).

Hasil rekapitulasi perolehan suara ini akan diserahkan kepada Mahkamah Konstitusi. Pada pemungutan suara November 2010 lalu, MK membatalkan hasil penghitungan suara KPU Tangerang Selatan dan menginstruksikan pemungutan suara ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com