Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Arsyid dan Airin Bersaing

Kompas.com - 28/02/2011, 03:57 WIB

Tangerang Selatan, Kompas - Perolehan suara dalam pemungutan suara ulang Pilkada Tangerang Selatan, Banten, antara pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota nomor urut tiga Arsyid-Andre Taulany dan nomor empat Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, Minggu (27/2), berlangsung ketat. Kedua pasangan kandidat itu sama-sama menang telak di tempat pemilihannya sendiri.

Andre Taulany memberikan suaranya di TPS 25 Jalan Gelatik Atas RT 04 RW 09, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur. Artis Opera van Java ini mendapatkan 199 suara dari 277 suara yang masuk. Pasangan kandidat nomor empat mendapat 73 suara, pasangan nomor dua (Rodiyah Najibah-Sulaiman Yasin) mendapat empat suara, dan nomor urut satu (Yayat Sudrajat-Norodom Sukarno) 0 suara.

Sementara pasangan Airin-Benyamin menang telak di TPS 09 RT 05 dan RT 06 RW 03 Kelurahan Pakulonan, Serpong, tempat Airin memberikan suaranya. Pasangan ini mengantongi 148 suara dari 372 suara yang memilih. Adapun pesaingnya, pasangan Arsyid-Andre, memperoleh 98 suara.

Andre tak berkomentar banyak mengenai hasil itu. ”Kita tunggu hasil akhir dari perhitungan KPU Tangsel,” katanya.

Sampai pukul 16.00, berdasarkan hasil penghitungan cepat oleh Pusat Kajian Kebijakan dan Kebijakan Strategis (Puskaptis), untuk sementara pasangan kandidat nomor empat lebih unggul dari tiga pasangan lainnya. Perhitungan itu dilakukan secara acak dengan mengambil sampel di 175 TPS dari 1.890 TPS yang tersebar di 54 kelurahan dalam tujuh kecamatan.

Dalam perhitungan sementara Puskaptis, pasangan Airin-Benjamin mendapatkan suara sebesar 51,67 persen. Jumlah itu hanya berbeda tipis dari suara yang diperoleh pesaingnya, pasangan Arsyid-Andre, yang memperoleh 46,22 persen suara.

”Perolehan suara hasil perhitungan ini hanya sementara. Hasil ini tidak mutlak dijadikan dasar kemenangan bagi salah satu pasangan calon karena pihak yang memiliki legitimasi menentukan pemenang adalah KPU Kota Tangsel,” kata Direktur Puskaptis Husin Yazid di Cilenggang, Serpong.

Puskaptis juga memetakan basis dukungan dua pasangan calon itu. Pasangan Arsid-Andre unggul di tiga kecamatan, yaitu Setu (50,51 persen suara), Serpong Utara (50,37 persen), dan Serpong (54,62 persen). Adapun pasangan Airin-Benjamin unggul di empat kecamatan, yaitu Ciputat (61,07 persen), Ciputat Timur (50,83 persen), Pondok Aren (54,06 persen), dan Pamulang (48,93 persen). (pin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com