Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Tangkas Petik Kemenangan

Kompas.com - 23/02/2011, 21:39 WIB

SURABAYA, Kompas.com - Juara bertahan putri Tangkas Alfamart Jakarta yang terpuruk dalam tiga pertandingan sebelumnya, akhirnya berhasil memetik kemenangan pertama di ajang Superliga Badminton Indonesia 2011 di DBL Arena Surabaya, Rabu petang.

Pada laga keempatnya, Liliyana Natsir dan kawan-kawan mengalahkan SGS PLN Bandung dengan skor tipis 3-2. Novalia Agustianti menjadi penentu kemenangan ketika menundukkan Siti Anida 21-11, 22-20 di partai terakhir. "Akhirnya kami berhasil merebut kemenangan, meskipun dengan perjuangan yang tidak mudah. Kunci kemenangan karena anak-anak mampu mengatasi tekanan," kata manajer Tangkas Alfamart, Kurniahu.

Kemenangan ini membuka peluang Tangkas untuk masuk empat besar dengan menyisakan satu pertandingan melawan Djarum Kudus, Kamis (24/2). Di laga sebelumnya, Tangkas dipecundangi lawan-lawannya, masing-masing kalah dari Jaya Raya Jakarta dan Mutiara Bandung dengan skor sama 2-3 serta dihabisi tuan rumah Jaya Raya Suryanaga 1-4.     

Pemain asal Taiwan, Chen Hsiao Huan, membuka angka pertama bagi Tangkas saat mengalahkan Elizabeth Purwaningtyas 21-16, 21-8. Kemudian pemain Pelatnas Liliyana Natsir yang kali dipasangkan dengan Cheng Wen Hsing, sukses menggandakan keunggulan setelah mengatasi pasangan Devi Tika/Keshya Nurvita dalam tiga "game" 21-16, 17-21, 21-11.     

Namun, SGS mampu bangkit untuk merebut dua partai berikutnya dan menyamakan skor 2-2. Tunggal kedua SGS, Maziyah Nadhir berjuang selama tiga game untuk menghentikan Putri Muthia Restu 21-15, 14-21, 21-11. SGS kembali mendapat angka melalui pasangan Lita Nurlita/Richie Puspita yang menang cepat 21-12, 21-11 atas Endang Nursugianti/Natalia Polukan.     

Namun, kemenangan itu menjadi yang terakhir bagi SGS setelah Siti Anida gagal mengatasi ketangguhan pemain Tangkas, Novalia Agustianti, di laga penentuan.      Pada pertandingan lainnya, tim putri Jaya Raya Jakarta meraih kemenangan 3-2 atas Mutiara Bandung dan memastikan satu tempat di babak final  Hasil ini menempatkan Jaya Raya menggeser sementara posisi Suryanaga di puncak klasemen. Hingga Rabu malam, tuan rumah Suryanaga yang juga belum pernah kalah dalam tiga laga, masih bertanding melawan Djarum Kudus.     

Apabila mampu mengatasi Djarum, Suryanaga dan Jaya Raya sudah pasti terlibat bentrok di partai final. Namun, keduanya masih harus berhadapan pada laga terakhir penentuan peringkat satu dan dua, Kamis (24/2).     

Sesuai format yang diberlakukan pada Superliga 2011, tim penghuni peringkat satu dan dua pada klasemen akhir akan bertemu memperebutkan gelar juara. Sedangkan dua peringkat di bawahnya berebut posisi tiga dan empat.

Sementara itu pada kelompok putra, juara bertahan Suryanaga membuka peluang menembus babak final, usai menang telak 5-0 atas Mutiara Bandung. Kemenangan ini menjadi yang ketiga dari empat laga yang sudah dimainkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com