Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Dumai Mulai Diselimuti Asap

Kompas.com - 18/02/2011, 16:18 WIB

DUMAI, KOMPAS.com — Kabut asap yang menyelimuti sebagian besar wilayah Kota Dumai, Riau, Jumat (18/2/2011) pagi, mulai mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Pinang Kampai, Dumai.

Kepala Operasional Bandara Pinang Kampai Achwin kepada Antara di Dumai mengatakan, akibat kabut asap, kualitas udara terus mengalami penurunan dan mengganggu penerbangan karena jarak pandang pilot hanya 1 kilometer pada pagi hari, sekitar pukul 07.00-08.00 WIB.

"Kondisi itu sudah mengganggu aktivitas penerbangan di bandara. Namun, kami tetap menunggu hingga pukul 09.00 WIB, ketika biasanya cemaran udara mulai menurun dan kualitas udara semakin meningkat atau membaik," katanya.

Pencemaran udara akibat kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan tersebut sangat fluktuatif atau tidak menentu sehingga menyulitkan pihaknya dalam menentukan jadwal penerbangan setiap hari.

"Saat ini ada dua penerbangan, Pekanbaru-Dumai dan sebaliknya, yang dijadwalkan berangkat pukul 09.00 WIB dan pukul 09.30 WIB. Kemungkinan jika jarak pandang masih belum menembus 2.000 meter, maka akan dilakukan penundaan keberangkatan baik untuk penerbangan Pekanbaru-Dumai maupun Dumai-Pekanbaru," ujarnya.

Pekan sebelumnya, Bandara Pinang Kampai juga terganggu kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan sehingga menunda sejumlah jadwal penerbangan pesawat CASA 212 dan Fokker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com