Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Usulkan PNPM Modifikasi

Kompas.com - 17/02/2011, 19:23 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengusulkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) modifikasi untuk setiap pedukuhan atau dusun di DIY yang terkena dampak erupsi Merapi. Program ini dibutuhkan untuk menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat pascaerupsi Gunung Merapi.

"Harapan saya, paling lambat bulan Maret mendatang, pembangunan shelter atau hunian sementara korban erupsi Merapi selesai. Selanjutnya, untuk proses pemulihan pascabencana di luar hunian sementara kami mendesain PNPM modifikasi," kata Sultan, Kamis (17/2/2011) di Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Menurut Sultan, PNPM mandiri yang biasanya hanya untuk kelompok masyarakat miskin diusulkan untuk diterapkan pada setiap pedukuhan atau dusun yang terkena imbas erupsi Merapi. Sebab, letusan Merapi membawa dampak bagi seluruh masyarakat di seluruh kelas ekonomi.

"Erupsi Merapi mengenai semua orang, baik itu miskin maupun kaya. Karena itu, PNPM yang biasanya hanya ditujukan bagi orang miskin kini kami usulkan untuk diterapkan pada setiap pedukuhan yang terkena dampak Merapi," ujarnya.

PNPM modifikasi diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi rakyat di tempat mereka berdomisili. Pilihan jenis usaha diserahkan pada setiap dusun.

Hingga Maret

Proses pemulihan pascabencana erupsi Merapi berlangsung hingga Maret. Tahun 2010, pemerintah pusat mengucurkan dana Rp 122 miliar untuk proses rehabilitasi Merapi. Seluruh pihak turut serta dalam proses ini, baik Pemprov D IY, kabupaten/kota, maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Setelah bulan Maret, semua proses pemulihan pascabencana akan dilakukan melalui PNPM modifikasi. Operasional program ini berasal dari APBN.

Tahun 2011, total dana pemulihan bencana Merapi mencapai Rp 324 miliar. Untuk proses ini, Pemprov DIY menyiapkan dana sebesar Rp 89 miliar, pemerintah melalui APBN sekitar Rp 200 miliar dan sisanya disokong kabupaten/kota.

"Dana ini akan digunakan untuk pembangunan berbagai macam infrastruktur yang rusak karena erupsi Merapi, seperti pembangunan jembatan, normalisasi sungai, perbaikan pasar tradisional, dan sebagainya," kata Sultan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com