70 Persen Kebutuhan Daging Sapi Terpenuhi

Kompas.com - 17/02/2011, 15:22 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian Suswono menyatakan, produksi sapi dan daging sapi nasional mampu memenuhi 70 persen kebutuhan dalam negeri. "Yang jelas, 70 persen sudah bisa dipenuhi dari dalam negeri," kata Suswono ketika ditemui di kompleks Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/2/2011).

Suswono menjelaskan, data 2010 mencatat, jumlah sapi bakalan dalam negeri mencapai sekitar 450.000 ekor, sedangkan produksi daging sapi sekitar 70.000 ton.  "Nah, dua ini yang menjadi andalan selama ini," kata Suswono.

Oleh karena itu, pemerintah kemungkinan masih mempertahankan target impor sebanyak 30 persen untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional.

Dia menegaskan, pemerintah pasti akan berusaha menurunkan jumlah impor sapi. Hal itu sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai  swasembada ternak pada 2014.

Rencananya, pemerintah akan mengadakan sensus ternak. Sensus ternak itu berguna untuk mengetahui secara pasti kemampuan produksi dalam negeri sehingga pemerintah bisa menentukan angka impor.

Sensus ternak akan dilakukan bersama Badan Pusat Statistik. Sensus nasional itu kemungkinan akan berlangsung setelah penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik pada Maret 2011.

Pemerintah juga berniat untuk meningkatkan produksi sapi dalam negeri dan hewan ternak yang lain guna mencapai swasembada ternak pada 2014. "Kalau misalnya sekarang sudah ada data berarti nantinya kemungkinan kita akan memperbanyak bibit. Dari luar negeri tidak apa-apa, kita sementara impor, nanti pola apa yang harus kita lakukan," kata Suswono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasar ketentuan, kata Suswono, swasembada ternak bisa tercapai jika produksi ternak dalam negeri mencapai 90 persen dari total kebutuhan nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.