TKI Dapat Pelatihan Kewirausahaan

Kompas.com - 07/02/2011, 03:07 WIB
Editor

BANYUWANGI, KOMPAS - Tenaga kerja Indonesia dan keluarganya akan mendapatkan fasilitas pelatihan kerja, wirausaha, dan kredit usaha rakyat guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

Ketika hendak mengunjungi Desa Sumberjeruk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (5/2), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, program tersebut menjadi bagian dari kampanye kementeriannya agar TKI menjadi wirausaha, dan tidak perlu mencari pekerjaan di negeri orang sebagai tenaga informal.

Para TKI nantinya akan menjalani pelatihan budidaya ayam, sapi, dan kambing; usaha konfeksi, menjahit, dan bordir, serta bengkel motor.

Pelatihan itu nantinya tidak hanya diberikan kepada TKI dan keluarganya di Banyuwangi, tetapi juga di 38 kantong TKI, di antaranya Malang di Jawa Timur; Cirebon dan Indramayu di Jawa Barat, dan Lombok Tengah di Nusa Tenggara Barat.

Menurut data Kemennakertrans, per Juli 2010 tercatat Cirebon merupakan daerah kantong TKI paling banyak dengan jumlah 129,717 orang. Selanjutnya Indramayu 95,581 orang; Subang, Jawa Barat, 95,180 orang; Cianjur, Jawa Barat, 89,182 orang.

TKI, menurut Muhaimin, menjadi prioritas perhatian kementeriannya. ”Seperti saat ini, di mana terjadi konflik di Mesir, pemerintah memberikan fasilitas pulang ke Indonesia jika memang ingin pulang,” katanya.

Menurut Muhaimin, jumlah TKI yang masih ada di Mesir diperkirakan mencapai 1.000 orang. (NIT)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.