Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi dan Tentara Harus Kerja Sama

Kompas.com - 31/01/2011, 18:59 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Mesir menjawab ajakan pemogokan umum para pengunjuk rasa yang bakal berlangsung pada Selasa (1/2/2011), dengan mengerahkan kembali petugas-petugas kepolisian ke berbagai lokasi di Kairo. Padahal, pada Jumat (28/1/2011), polisi mendapat perintah meninggalkan tempat-tempat yang mereka jaga.

Menurut warta AP dan AFP pada Senin (31/1/2011), pemerintah sudah mengeluarkan perintah agar polisi bekerja sama dengan tentara.  Di Kairo, banyak pengunjuk rasa yang masih marah dengan cara-cara kekerasan yang diambil aparat keamanan dalam menangani demonstrasi antipemerintah.

Helikopter-helikopter militer terlihat berada di atas Lapangan Merdeka (Lapangan Tahrir). Di lapangan inilah para pemrotes tidak mengindahkan larangan keluar rumah. Sementara itu, tentara dilaporkan mulai mengetatkan pemeriksaan di sejumlah pos di sekitar Kairo.

Kerusuhan dan krisis politik ini berdampak ke bidang ekonomi. Bank-bank dan bursa saham masih tutup. Dunia usaha juga terkena dampak keputusan pemerintah memblokir internet pekan lalu.

Lembaga pemeringkat Moody telah menurunkan peringkat utang Mesir. Moody mengatakan perkiraan Mesir berubah dari stabil menjadi negatif. Muncul juga kekhawatiran krisis Mesir akan mengganggu lalu lintas kapal-kapal tanker di Terusan Suez, meski juru bicara otoritas terusan tersebut mengatakan lalu lintas kapal masih normal.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com