Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Bisa Saja Menjalar ke Indonesia

Kompas.com - 31/01/2011, 15:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla mengatakan, persoalan yang terjadi di Mesir dan negara lain yang kini bergejolak bisa menjalar ke Indonesia. Ini terutama jika pemerintah tidak menekan masalah korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tidak menjaga masalah-masalah perekonomian, seperti meningkatnya kemiskinan dan pengangguran, selain juga munculnya gejolak pangan.

Hal itu diungkapkan Jusuf Kalla saat ditanya pers seusai menghadiri ulang tahun Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin (31/1/2011) siang ini.

"Ada tiga hal yang menyebabkan munculnya perlawanan rakyat, yaitu jika negeri itu kebebasannya kurang dan tidak demokratis. Juga jika negeri itu korup dan ada masalah ekonomi," ujar Kalla.

Menurut Kalla, Indonesia memiliki kebebasan yang luar biasa. "Namun, kalau muncul KKN, meningkatnya pengangguran dan kemiskinan atau gejolak pangan, itu bisa terjadi (menjalar)," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut Kalla, semua pihak harus turut menjaga. "Mudah-mudahan tidak terjadi. Karena itu, kita harus menjaganya," katanya.

Kalla menambahkan lagi, "Pokoknya, masalah apa pun, jika tidak dikelola dengan baik, bisa menjadi pemicu krisis negara."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com