Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempatkan "Andai Aku Gayus" sebagai Seni

Kompas.com - 21/01/2011, 13:37 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Lagu dengan judul "Andai Aku Gayus" ciptaan musisi Gorontalo, Bona Paputungan, yang menarik perhatian masyarakat seantero Nusantara, perlu ditempatkan sebagai karya seni tanpa embel-embel politik di dalamnya.

Hal tersebut disampaikan pengamat media dan kebudayaan di Gorontalo, Verrianto Madjowa, Kamis (20/1/2011).

"Kita tidak perlu terlalu berprasangka terhadap karya seni karena karya seni diciptakan untuk dinikmati," ujar jurnalis senior Gorontalo itu.

Terkait dengan sejumlah penilaian yang menganggap bahwa di balik lagu "Andai Aku Gayus" itu ada politisi atau unsur politis yang mendompleng, menurut dia, hal itu berlebihan.

"Kita harus bisa menilainya secara proporsional. Itu adalah karya seni meski lagu itu diproduseri oleh tim sukses seorang politisi," katanya.

Yang paling penting dalam sebuah karya seni adalah kandungan nilai dan pesan di dalamnya. Dengan demikian, karya seni bisa dinikmati dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Penilaian tentang adanya politisi yang mendompleng popularitas lagu "Andai Aku Gayus" sebelumnya dipersoalkan dalam milis khusus masyarakat Gorontalo, gorontalomaju2020.

lnino M Hussein Mohi, anggota Dewan Perwakilan Daerah utusan Gorontalo, juga telah mengklarifikasi soal tim suksesnya yang menjadi produser lagu berlirik jenaka dan satire itu.

Menurut dia, Bona Paputungan tidak lain merupakan anggota tim sukses dirinya pada kampanye pemilu legislatif 2009. Kebetulan Bona adalah musisi dan memiliki karya sehingga pihaknya memberi dukungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com