Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PP GP Ansor Batal Maju Jadi Ketum

Kompas.com - 16/01/2011, 16:44 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Salah satu bakal calon ketua umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Malik Haramain, mundur dari persaingan. Malik adalah Sekretaris Jenderal PP GP Ansor. Ia beralasan pengunduran diri itu atas petunjuk orangtua.

Malik mengatakan, keluarga sudah beberapa kali memberi sinyal untuk tidak meneruskan rencana pencalonan. Sinyal itu semakin kuat pada Sabtu (15/1/2011). "Hasil istikharah (shalat mohon petunjuk) abah saya, saya diminta tidak melanjutkan rencana pencalonan saya. Sebagai orang NU, saya takzim kepada orangtua," ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/1/2011).

Ia menegaskan, pengunduran diri itu tidak ada kaitan dengan pertemuan dirinya dengan bakal calon lain beberapa waktu lalu. Pertemuan itu digagas Ketua Umum PP GP Ansor periode 2005-2010 Saifullah Yusuf. "Saya juga tidak mendapat tekanan apa pun dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) untuk mundur," ujarnya.

Malik tercatat sebagai anggota Fraksi PKB DPR. Selain Malik, anggota Fraksi PKB yang juga maju adalah Marwan Ja'far. "Sampai sekarang PKB masih mempersilakan saya maju. Dengan pengunduran diri ini, saya membebaskan 168 cabang yang mendukung untuk memilih calon lain dalam kongres," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com