Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Buatkan Kandang Sapi

Kompas.com - 06/12/2010, 19:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan membangunkan kandang-kandang sapi bagi warga lereng Merapi yang menjadi korban letusan Gunung Merapi. Selain itu, pemerintah juga akan membantu peternak mencari hijauan pakan ternak.

Hal itu diungkapkan Sekretris Daerah DI Yogyakarta Tri Harjun Ismaji di Kepatihan, Yogyakarta, Senin (6/12/2010), menanggapi tuntutan warga Merapi. Pada hari yang sama, ratusan warga lereng Merapi menuntut pemerintah untuk mengganti ternak sapi mereka yang mati dengan uang tunai, bukan dengan sapi hidup. Warga menolak rencana Badan Penanggulangan Bencana Nasional yang akan mengganti sapi mati dengan sapi hidup hasil dari pembelian sapi warga Merapi.

"Kalau alasannya menolak tidak punya kandang, atau tidak ada rumput lagi, pemerintah akan membuatkan kandang-kandang sapi untuk digunakan kelompok," ungkap Tri.

Ia juga mengatakan, pemerintah juga akan melibatkan warga dalam pembangunan 2.500 hunian sementara bagi pengungsi Merapi.

Dasardi, warga dusun Ngepringan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, menyatakan menolak penggantian sapi mati dengan sapi hidup karena kandang dan rumahnya hancur total terkena awan panas. Karena itu, bila diganti sapi, dia akan kebingungan untuk menempatkan sapi-sapi tersebut. Adapun empat ekor sapinya mati terkena awan panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com