Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung di Abepura Ditembaki, Satu Tewas

Kompas.com - 28/11/2010, 23:39 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kelompok sipil bersenjata menyerang warga di sekitar kampung Nafri, distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Minggu (28/11/2010).

Akibatnya, satu orang tewas dan tiga lainnya dalam kondisi kritis karena tertembak peluru. Menurut keterangan warga setempat, insiden penembakan terjadi  ketika gerombolan pengacau keamanan tersebut keluar dari hutan dan menyerang warga di kampung tersebut.

Korban tewas dan mengalami luka kritis langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Abepura, sebelum akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Dok II. Sementara tiga korban lainnya saat itu dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah dok II Jayapura.

Data dari RSUD Abepura, mereka antara lain bernama Alex Nongka (11), Vernan Nongka (10),  dan Ruswadi Yunus (35) meninggal di tempat. Sementara korban tembak satunya belum diketahui. Satu di antaranya anak-anak.

Aleks ditembak di lengan atas sebelah kanan, Vernal ditembak di dada kiri dan kanan. "Mereka ditembak waktu dalam perjalanan menuju ke Nafri," kata seorang kerabat korban.

Satu korban kritis ditembak dilarikan ke Puskesmas Koya, dan dilaporkan kondisinya masih kritis. "Sekelompok pelaku bersenjata tak dikenal tersebut datangnya dari hutan dan menyerang warga di kampung Nafri," ujar Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Jayapura,  AKBP Imam Setiawan.

Ia menambahkan, kepolisian masih menyelidiki motif dan alasan di balik kejadian penembakan ini. Akibat insiden penembakan ini, sebagian warga kampong Nafri  memilih pergi keluar kampung tersebut atau mengungsi ke Kota Jayapura, karena khawatir terjadi insiden susulan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com