Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Susu di Jabar Perlu Dinaikkan

Kompas.com - 19/11/2010, 19:59 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -  Harga susu di Jawa Barat yang dibeli industri masih perlu ditingkatkan. Saat ini, harga susu masih sekitar masih sekitar Rp 3.550-3.725 per liter. Idealnya, harga bisa dinaikkan menjadi Rp 3.900-4.000 per liter.

Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jabar Dedi Setiadi di Bandung, Jumat (19/11), mengatakan, angka itu merupakan harga susu yang dibeli industri dari koperasi. Adapun pembelian dari peternak, harga susu sebesar Rp 3 .400 pun sudah termasuk tinggi.

"Harga masih perlu ditingkatkan karena berbagai biaya produksi seperti pakan, obat-obatan, dan tenaga kerja terus naik. Harga pakan tak pernah turun. Kalau industri membeli dari koperasi lebih tinggi, harga susu di tingkat peternak juga akan semakin baik," katanya.

Menurut Peneliti Pusat Penelitian Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran (Unpad), Parikesit, kehidupan peternak sapi perah di Jabar masih memprihatinkan.

"Di hulu Sungai Citarum misalnya, lebih dari 90 persen peternak tidak memiliki laha n untuk ditanami rumput sendiri," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com