Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Calon Haji Diturunkan dari Pesawat

Kompas.com - 21/10/2010, 15:30 WIB

ROHUL, KOMPAS.com — Seorang calon haji asal Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, terpaksa diturunkan dari pesawat.

"Memang awalnya dia sudah tahu jika kondisinya sakit, tetapi semangatnya tinggi, ternyata saat di dalam pesawat tidak tahan lagi akhirnya diturunkan dari pesawat dan batal berangkat," kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rohul Ahmad Supardi Hasibuan di Pasir Pengaraian, Kamis (21/10/2010).

Dia menjelaskan, salah satu calon haji yang batal berangkat itu bernama Sobirin, calon haji asal Kecamatan IV Koto, yang diduga menderita sakit jantung.

"Seharusnya Sobirin diberangkatkan bersama calon haji lainnya pukul 14.00 WIB, Kamis siang," ujarnya.

Ia mengatakan, akhirnya calon haji tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Pasir Pengaraian untuk mendapatkan perawatan.

"Dalam penerbangan dari Bandara Tuanku Tambusai Rohul menuju Embarkasi Batam sejak dua hari terakhir sudah terdapat tiga calon haji yang batal berangkat karena mendadak sakit, termasuk Sobirin," ujarnya.

Ahmad Supardi mengatakan, ketiga calon haji yang batal berangkat itu akan diperioritaskan pada pemberangkatan tahun 2011 karena mereka tidak meminta pengembalian Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah mereka lunasi.

Ia menjelaskan, saat ini semua calon haji Rohul sudah berada di asrama haji, Batam, dan sedang beristirahat.

Kemudian nanti malam akan dilakukan pembagian paspor, sebab besok pagi (Jumat) pukul 10.00 WIB akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Rencananya calon haji Rohul yang akan diberangkatkan ke Mekkah sebanyak 532 orang, tetapi karena tiga orang lainnya batal, maka hanya tinggal 529 orang.

"Kami berharap semua calon haji yang akan diberangkatkan besok pagi dalam keadaan sehat walafiat hingga selesai menunaikan ibadah haji dan kembali ke Rohul," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com