Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Mahasiswa Demo di Malioboro

Kompas.com - 20/10/2010, 14:20 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan satu tahun kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, Rabu (20/10/2010) ratusan mahasiswa dan aktivis lembaga swadaya masyarakat dari berbagai elemen berunjuk rasa di jalan Malioboro, Yogyakarta. Mereka menilai SBY dan kabinetnya gagal menjalankan mandat rakyat.

"Setahun setelah SBY berkuasa dalam kabinet jilid 2, karut marut hukum semakin menjadi-jadi," ungkap Edi Susilo, Koordinator Umum Aliansi Masyarakat Untuk Keadilan.

Diungkapkan dia, penegakan hukum masih sangat diskriminatif, hukum hanya tajam ke bawah namun sangat tumpul ke atas. Hal inilah yang mencederai rasa keadilan masyarakat. " Betapa sering kita menyaksikan banyak rakyat miskin yang terpaksa harus diadili karena perkara-perkara hukum kecil sementara kita semua bisa merasakan bahwa kasus century yang telah menguras keuangan negara hingga kini sekarat dan mati suri dan tidak ada upaya serius untuk segera menuntaskan kasus tersebut," katanya.

Di bidang ekonomi, ungkap Edi, pertumbuhan makro ekonomi yang pemerintah gembar-gemborkan ternyata tidak membawa dampak signifikan bagi kemampuan rakyat untuk menaikan taraf hidup yang lebih baik. sebagian rakyat tetap miskin dan semakin miskin akibat harga pasar yang tdiak terkendali, paparnya. Atas berbagai kegagalan itu, pihaknya menuntut mandat kepada SBY-Boediono dicabut.

Unjuk rasa yang sempat diwarnai pembakaran foto SBY dan Boediono, serta fotocopy foto beberapa mantan menteri dan mantan presiden Megawati, oleh massa aliansi rakyat menggugat berlangsung damai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com