Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduh, Penculik Anak Rambah Depok

Kompas.com - 09/10/2010, 14:17 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Polrestra Depok akan mengoptimalkan petugas lapangan dan Badan Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) menyusul ditemukannya siswa kelas VI SD Mardi Yuana, Depok, Gregorius Darmawan (11), yang dibuang penculik di Stasiun Bojong Gede, Kamis (7/10/2010) pukul 21.30 WIB.

"Kami akan optimalkan petugas lapangan dan Babinkamtibmas. Rencananya, setiap kelurahan ada satu anggota Babinkamtibmas dan mereka tidak boleh bertugas ganda atau menjadi petugas keamanan di tempat lain. Ini juga perintah Kapolda Metro Jaya," tutur Kapolresta Depok Kombes Fery Abraham, Jumat (8/10/2010).

Menurut Fery, petugas polisi di lapangan harus tanggap terhadap kondisi lingkungan yang berada di dekat mereka. Mereka pun harus memiliki jiwa penolong terhadap setiap masyarakat Depok. Demikian juga petugas Babinkamtibmas.

Lebih lanjut Fery menjelaskan, peran serta orangtua juga sangat diperlukan untuk mengantisipasi penculikkan. Para orangtua lebih waspada dan memerhatikan anaknya. Contohnya, mengantar dan menjemput anak mereka, menaikkan anak mereka ke angkutan umum yang sudah dikenal atau menggunakan jemputan.

"Orangtua juga harus lebih waspada dan perhatian. Modus penculikan anak itu beraneka ragam," ujarnya.

Di depan rumah

Kepala Bagian Operasional Polresta Depok Kompol Suratno menjelaskan, penculikan Gregorius Darmawan terjadi di depan rumah di Jalan Pemuda 67, Pancoran Mas, Depok, Kamis (7/10/2010) pukul 12.00.

Saat itu, Ego—sapaan akrab Gregorius—pulang sekolah bersama adiknya, Keisya (10), yang duduk di kelas V SD Mardi Yuana dengan menaiki becak. Sesampai di depan rumah, Keisya masuk ke rumah duluan, sedangkan Ego yang akan masuk didatangi seorang laki-laki yang menaiki motor bebek.

"Setelah naik motor Ego dibawa putar-putar keliling Depok oleh orang itu. Malamnya diturunkan di Bojong Gede, Bogor," ujarnya.

Ego menjelaskan, dia mau mengikuti pria tinggi besar, berambut ikal, berkulit warna hitam serta memiliki brewok itu karena pria itu mengajaknya kembali ke sekolah untuk mengukur baju.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com