Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukman Sardi, Menularkan Semangat KH Ahmad Dahlan

Kompas.com - 17/09/2010, 06:36 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com -- Lukman Sardi semakin mengenal KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Masyarakat perlu mengenal sosok ini, apalagi saat banyak orang memaksakan kehendak dan munculnya kekerasan mengatasnamakan agama.

”Ahmad Dahlan menyampaikan Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Ia berani menentang arus meski masih muda,” tutur Lukman yang memerankan Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah yang tengah diputar di bioskop.

Salah satu adegan yang berkesan adalah saat Ahmad Dahlan menjelaskan esensi agama kepada muridnya. Tak dengan kata-kata, tetapi lewat musik, permainan biola.

Kendati pemikiran dan sosok Ahmad Dahlan layak menjadi panutan, Lukman prihatin karena generasi muda lebih mengenalnya sebagai nama jalan. Kalaupun mengetahuinya, Ahmad Dahlan lebih dikenal sebagai tokoh sepuh berjenggot panjang. Padahal, kiprahnya dimulai pada usia 21 tahun sekembali dari studi di Mekkah.

Lukman yang lahir di Jakarta, 14 Juli 1971, ini tengah sibuk mempromosikan Sang Pencerah. Seperti Selasa (14/9), ia menghadiri acara nonton bareng yang diadakan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur di Surabaya.

Sebelumnya, ayah Akiva Dishan Ranu (8 bulan) ini berkeliling ke media massa di Surabaya, termasuk Kantor Kompas Biro Jawa Timur. Harapannya, semakin banyak orang terinspirasi setelah mengenal Ahmad Dahlan lewat film itu. (INA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com