Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Daging Sapi dan Ayam Melambung

Kompas.com - 09/09/2010, 10:40 WIB

Magelang, Kompas - Dua hari menjelang Lebaran, Rabu (8/9), harga daging sapi dan ayam di sejumlah pasar di Kabupaten Magelang mulai melambung. Harga daging sapi yang sebelumnya sekitar Rp 63.000-65.000 per kilogram (kg), sekarang mencapai Rp 70.000-72.000 per kg. Demikian juga daging ayam naik dari Rp 23.000-24.000 per kg, kini naik menjadi Rp 26.000-28.000 per kg.

Bi'is, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Secang menyatakan, kenaikan harga karena meningkatnya permintaan. Harga daging dipastikan akan naik mencapai puncaknya pada hari ini, Kamis (9/9).

"Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, harga daging sapi pada H-1 Lebaran biasanya mencapai Rp 75.000 per kilogram," ujarnya.

Menghadapi peningkatan permintaan masyarakat, sejak kemarin, Bi'is menyiapkan sekitar 50 kg daging sapi. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa yang hanya sekitar 20-30 kg.

Yanti, seorang pedagang daging sapi di Pasar Muntilan, juga mengatakan khusus pada H-1 Lebaran, dia akan menyiapkan 1,5 ton - 2 ton daging sapi. "Dipastikan, pada H-1 Lebaran, masyarakat akan belanja banyak untuk kebutuhan lauk saat Lebaran," ujarnya.

Pada hari biasa, Yanti hanya menyediakan daging sapi sebanyak lima kuintal. Namun, sejak Senin (6/9) lalu, permintaan mulai meningkat sehingga dia mampu menjual enam kuintal daging sapi. Bahkan, Selasa (7/9), penjualan daging bertambah menjadi delapan kuintal.

Khusus untuk ayam, kenaikan harga baru terjadi sejak kemarin. "Hari ini dan besok, saya optimistis mampu menjual satu kuintal daging ayam," ujar Siti, pedagang daging ayam di Pasar Borobudur.

Di Semarang, sebagaimana diberitakan Antara, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyatakan tidak ada gejolak kenaikan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Lebaran 2010. Ia menjamin kebutuhan bahan pokok terpenuhi hingga Lebaran.

"Harga berbagai kebutuhan pokok masih cukup stabil. Kenaikan yang terjadi masih dalam jangkauan masyarakat," katanya seusai inspeksi ke sejumlah pasar tradisional di Semarang, kemarin.

Gubernur didamping Wali Kota Semarang Soemarmo HS, mengunjungi Pasar Bulu, Pasar Mangkang, Pasar Gayamsari, dan Pasar Peterongan, Semarang. (egi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com