Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes Inggris Kunjungi Anak Jalanan

Kompas.com - 15/07/2010, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kedutaan Besar Inggris melakukan kunjungan ke Kampus Diakonia Modern (KDM) yang terletak di Jati Ranggon, Bekasi. KDM merupakan sebuah hunian bagi sekitar 70 anak jalanan yang dikumpulkan dari jalan-jalan di Jakarta.

"Sudah selama satu setengah tahun kami bekerja sama dengan KDM dan ini kali pertama kami mengunjungi anak-anak ini dan melihat aktivitasnya," ujar Green Gank Coordinator, Nicola Stewart, Kamis (15/7/2010) di Jakarta.

Nicole menyatakan, Kedutaan Inggris selama ini bekerja sama dengan KDM dalam hal pengembangan green living di lingkungan sekitar.

"Bentuk kerja sama dengan KDM, kami mengumpulkan sampah-sampah untuk diberikan ke anak-anak di KDM untuk dikelola," ujar wanita yang mahir berbahasa Indonesia tersebut.

Menurutnya, isu tentang pengolahan sampah ini penting di kota besar seperti Jakarta. Karena itu, dia pun memutuskan untuk membentuk kelompok Green Gank.

"Green Gank ini yang menentukan bentuk aktivitas seperti apa yang baik untuk lingkungan di kedutaan," ujarnya.

Mendapat tawaran dari KDM untuk program pemilahan sampah, pihaknya pun langsung menyanggupi hal tersebut. Dalam sebulan, sampah-sampah kantor dan sampah rumah tangga para staf Kedutaan Inggris pun terkumpul hingga 220 liter kertas.

Tidak hanya kertas, sampah yang dikumpulkan juga terdiri dari botol kaca ataupun plastik yang jika dikumpulkan bisa mencapai 6-7 tong besar. Sampah-sampah tersebut kemudian dikelola anak-anak KDM untuk dijadikan bentuk kerajinan daur ulang ataupun dijual kembali ke industri. Hasil penjualan barang-barang tersebut digunakan untuk kegiatan pendidikan yang berlangsung di KDM.

Karena itu, selain untuk membantu mengatasi lingkungan di Jakarta, Kedutaan Besar Inggris juga berencana untuk membantu model bisnis yang dilakukan anak-anak KDM.

"Kami baru tahu ternyata di sini ada pembuatan kartu Natal daur ulang. Mungkin kami bisa membantu anak-anak di sini dengan membeli produk-produk mereka untuk dipakai di Kedutaan," ujar Nicola kepada Kompas.com.

Kehadiran para staf Kedutaan Inggris disambut meriah para anak-anak jalanan yang dididik di KDM. Mereka menampilkan tarian capoeira untuk menyambut para tamu asing tersebut. Jamuan makan pun disajikan langsung oleh koki-koki cilik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com