Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Sensus Sumut Belum Selesai

Kompas.com - 01/07/2010, 19:16 WIB

MEDAN, KOMPAS.com- Proses rekapitulasi data sensus penduduk 2010 oleh Badan Pusat Statistik Sumatera Utara diperkirakan baru rampung akhir Juli 2010. Saat ini BPS Sumut masih menunggu aliran data dari delapan kota dan 23 kabupaten.

"Sebenarnya, semua data dari seluruh kecamatan yang ada di Sumut sudah terkumpul di kota atau kabupaten masing-masing. Akan tetapi, kami tidak mungkin mengolahnya secara serentak, sehingga kami cicil," kata Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BS Sumut Panusunan Siregar di kantornya, Kamis (1/7/2010).

Saat ini, BPS kota/kabupaten mengirim data tersebut ke BPS Sumut secara bergelombang. Panusunan memperkirakan pada akhir Juli nanti semua data sudah masuk ke Sumut.

Akan tetapi, data yang sudah masuk itu tidak bisa langsung dipublikasi karena perlu diolah menjadi data matang. BPS harus mengklasifikasi dan mengedit data yang masuk.

Sensus itu sendiri telah berakhir pada 31 Mei lalu. Kemudian, BPS secara nasional menyempurnakan data melalaui program pendalaman data. Setiap BPS tingkat provinsi sampai kota/kabupaten harus memeriksa lagi setiap data yang masuk dan memastikan bahwa data tersebut sesuai dengan profil responden.

Selain itu, kata Panusunan, BPS memastikan bahwa semua warga telah disensus. Penyempuraan data tersebut berakhir pada 15 Juni 2010. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com