Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Perempuan Tak Mampu Lagi Punya Anak?

Kompas.com - 01/07/2010, 09:23 WIB

KOMPAS.com - Pasangan John Travolta dan Kelly Preston sedang bahagia-bahagianya saat ini. Setelah kehilangan putra sulung mereka, Jett, 17 bulan lalu. Hal ini cukup mengejutkan, karena usia Kelly saat ini sudah 47 tahun.

Kecuali Anda masih begitu fit, atau Anda mampu menjalani prosedur fertilisasi in vitro, kemungkinan untuk memiliki anak di usia tersebut tentu sangat jauh berkurang. Namun bila Anda masih berharap, jangan khawatir. Sebuah tes darah kini dapat dilakukan untuk memprediksi kapan seorang perempuan tidak mampu lagi untuk memiliki anak.

Tes yang cukup sederhana ini akan mengukur kadar hormon yang diproduksi oleh indung telur, dan akan mampu menginformasikan apakah kita masih subur atau tidak, bahkan pada perempuan di usia 20 tahunan. Perempuan yang mengalami menopause lebih awal daripada yang lain juga bisa mulai memprogram kehamilan, atau membekukan sel telurnya untuk dibuahi pada saat diinginkan.

Menopause biasanya terjadi pada usia 51 tahun, namun kira-kira 15 persen perempuan juga mengalaminya di bawah usia 45 tahun. Di Inggris, sekitar 110.000 perempuan di usia 30-an bahkan sudah memasuki pra menopause.

"Hasil kami menunjukkan bahwa penanda anti-Mullerian hormone (AMH) yang baru bisa memprediksi secara tepat usia menopause, bahkan pada perempuan muda," ujar Dr Fahimeh Ramezani Tehrani, pemimpin studi yang didukung oleh WHO ini.

Sejak dulu, para ahli meyakini bahwa perubahan tingkat hormon ini ada hubungannya dengan menopause. Tes darah ini akhirnya mampu memberikan data pendukung yang cukup untuk itu. Dengan mengumpulkan informasi jumlah responden yang besar, Tehrani yakin ia sudah menciptakan persamaan matematis yang akan memprediksi kapan seorang perempuan akan memasuki masa menopause itu.

Sayangnya, tes darah ini baru akan dijual dalam tiga tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com